Masa remaja adalah masa yang sangat indah.Banyak masa yang di lalui dari masa anak-anak lalu beranjak tumbuh dewasa.Dunia remaja memang unik,banyak peristiwa yang sering terjadi dengan ide-ide unik dalam hal positif.Namun demikian banyak juga hal-hal negatif yang terjadi.
Salah satu hal menarik yang terjadi di masa remaja adalah trend pacaran yang banyak digemari oleh remaja walaupun tidak sedikit juga orang dewasa yang melakukannya.

Namun dengan gaya pacaran remaja yang semakin banyak membawa hal-hal negatif  membuat banyak remaja sekarang banyak yang harus putus sekolah, tidak sedikit dari mereka harus menelan dalam-dalam cita-cita mereka.Selain itu dampak pacaran di umur labil juga masih banyak:


  • Pendidikan yang tertinggal
Cinta yang katanya bisa membutakan semua hal-hal penting ternyata benar adanya,kebayakan remaja sekarang lebih mementingkan pacaran daripada pendidikan nya.Kesekolah hanya untuk bisa bertemu dengan sang kekasih,pemikiran seperti ini yang membuat pendidikan di indonesia menurun.Tugas yang tidakpernah selesai membuat nilai menurun.
  • Sopan santun yang dilupakan
Banyak remaja sekarang yang pacaran lebih mendengar kata kekasih nya dari pada orang tuanya.Ini sering terjadi di kalangan anak muda yang masih labil,lebih menuruti larangan dari kekasih nya dari pada orang tuanya,karna cinta yang tumbuh dalam diri mereka sudah membutakan mereka.
  • Banyak terjadi pernikahan muda
Di umur yang masih dianggap bocah ini sudah banyak yang menikah muda,bkan karna alasan apa-apa tapi karna pergaulan bebas yang terjadi,"pacaran"yang di landaskan mereka untuk berbuat yang tidak-tidak.Sehingga banyak remaja sekarang harus menanggung beban rumah tangga,yang tidak semestinya mereka rasakan di usia itu.
  • Lebih mudah merasa rapuh
Anak remaja yang mulai pacaran sejak usia dini lebih banyak mengalami sakit kepala, perut dan pinggang. Mereka juga lebih banyak depresi dibanding rekan seusianya yang belum pernah pacaran.Karna remaja yang sudah mengenal cinta sejak usia dini lebih sering terlihat rapuh.

Tapi tidak semua yang kita lakukan mengandung hal-hal negatif,pacaran juga ada dampak positif nya jika mereka mengerti arti "cinta":

  • Sebagai penyemangat
Tidak semua yang pacaran bisa membuat kekasih sebagai semangat nya,hanya orang yang berfikiran dewasalah yang bisa berfikir seperti itu.Tapi walaupun pacaran di larang dan di anggap lebih ke hal negatif,mereka juga bisa membuat persepsi orang yang menilai pacaran itu jelek menjadi lebih bermanfaat,misalnya kita berusaha menjadi lebih baik dalam pelajaran kita agar tidak malu dengan pasangan kita,mencoba lebih disiplin agar tidak kena tegor oleh guru dan tidak membuat malu dirinya sendiri.

  • Belajar bersosialisasi
 Dengan berpacaran kita akan mampu bersosialisasi dengan pasangan kita, sehingga kita mampu mengetahui karakteristik seseorang dan membuat kita tidak canggung dalam bersosialisasi dengan orang asing yang baru kita jumpai. Karena kita telah belajar bersosialisasi dengan pasangan kita.


Pada dasarnya berpacaran saat remaja merupakan hal yang tidak baik karena berdasarkan usia dan aspek psikologis seorang remaja belum siap, tetapi apabila hanya untuk mengenal satu-sama lain dan dalam batas sewajarnya hal tersebut tidak apa-apa dilakukan terutama untuk meningkatkan prestasi belajar mereka sendiri akan tetapi peran orang tua dan guru sangat penting agar mereka tidak terjerumus dalam perilaku-perilaku tidak baik yang ditimbulkan.